MASS

MASS adalah lapisan infrastruktur dasar di dunia.

MASS is the basic infrastructure layer in the world., gambar #1

pengantar

Pengoperasian Bitcoin yang stabil membuktikan bahwa sistem toleransi-kesalahan Bizantium skala Internet yang praktis layak dilakukan. Dan keandalannya dijamin oleh protokol konsensus. Namun, sistem blockchain yang didasarkan pada algoritma proof of work beresiko turun ke dalam permainan antara jaringan yang semakin terpusat dan beberapa oligarki yang telah berhasil memonopoli sumber daya komputasi.

Komunitas MASS telah mengembangkan protokol konsensus proof-of-capacity (PoC) yang sangat efektif. Ketika sebuah node dalam jaringan MASS bersaing untuk blok berikutnya, ia hanya perlu memberikan bukti kapasitas yang valid dan tidak dapat dilewati oleh jaringan. Bukti ini hanya berkaitan dengan kapasitas yang disediakan oleh node dan dapat diverifikasi oleh node lain. Protokol konsensus PoC memiliki banyak keuntungan, seperti jaringan tanpa izin, toleransi kesalahan 51%, jaringan cenderung lebih ke arah desentralisasi, dan mendukung banyak contoh blockchain secara paralel.

Untuk menerapkan protokol konsensus PoC ke sistem blockchain, komunitas MASS telah mengembangkan sistem blockchain MASS NET pertama berdasarkan protokol PoC, dan akan merilis mesin konsensus MASS dan protokol cross-chain MASS di masa depan. Dengan dirilisnya jaringan uji MASS Net, komunitas MASS juga akan merilis kertas putih MASS Net, dan makalah tentang mekanisme teknis dan ekonomi. Komunitas MASS berkomitmen untuk mempromosikan adopsi massal dan kemajuan teknologi di blockchain.

Apa itu MASS?

MASS adalah lapisan infrastruktur dasar yang mampu memberikan layanan konsensus di sejumlah rantai publik. Untuk menciptakan Lapisan 0 yang berkelanjutan dan kuat, mesin konsensus MASS menggunakan protokol konsensus Bukti-Kapasitas MASS. Proof-of-Capacity membentuk lapisan konsensus yang tanpa izin, adil, hemat energi, aman, dan universal - memastikan keamanan mendasar dari rantai publik. Bukti Kapasitas dirancang untuk mencegah penggunaan ASIC: peserta hanya perlu memiliki akses ke ruang penyimpanan (seperti ruang hard drive pada laptop dasar).

MASS Net adalah rantai publik pertama yang menggunakan mesin konsensus MASS (MASS adalah penyimpan nilai yang beredar dan jangkar nilai dari mesin konsensus MASS). Jaringan ini tanpa izin - dengan tingkat keamanan yang mirip dengan protokol konsensus Nakamoto - node menggunakan kapasitas penyimpanan untuk menjalankan protokol konsensus. Jaringan cenderung lebih ke arah desentralisasi dibandingkan dengan bitcoin, karena persaingan untuk blok tidak memerlukan penggunaan sumber daya komputasi yang sangat mahal. Mesin konsensus MASS dirancang untuk memungkinkan peserta mendapatkan bagian yang adil dari nilai yang dibuat - siapa pun dapat menambang dengan perangkat keras biasa karena hanya sedikit sumber daya komputasi yang diperlukan. Selain itu, jaringan dapat mendukung beberapa instance blockchain secara paralel.

MASS Net memungkinkan pengguna untuk bergabung dengan jaringan aman dan memeliharanya tanpa perlu izin, dan memberikan semua peserta bagian yang adil dari nilai yang dibuat.

Siapa yang membuat MASS?

MASS dibuat oleh komunitas MASS. Komunitas MASS adalah organisasi online nirlaba terbuka yang misinya adalah mempromosikan teknologi blockchain di kalangan masyarakat luas, sehingga meningkatkan kehidupan masyarakat dan mengarah ke masyarakat yang lebih adil dan lebih makmur.

Komunitas MASS diluncurkan pada tahun 2017 oleh Dr. Ren Ling. Kami terus memajukan pengembangan kami melalui diskusi dan kerja sama online berkelanjutan, serta acara offline berkala. Komunitas MASS menyambut semua ahli dengan latar belakang di bidang ilmu komputer, ilmu sosial, ekonomi, keuangan, atau kewirausahaan, dan yang memiliki tujuan yang sama dengan kami. Kami lebih suka anggota dengan wawasan asli dan keterampilan kolaborasi yang kuat. Untuk memastikan anggota masyarakat memiliki kualifikasi yang memadai, anggota baru harus terlebih dahulu disetujui oleh setidaknya setengah dari anggota yang ada. Komunitas MASS memiliki persyaratan ketat untuk penelitian dan implementasi untuk memastikan keunggulan pekerjaan kami. Ketika waktunya tepat, pekerjaan kami akan dibuat open source, sebuah langkah yang akan mempromosikan kesadaran teknologi yang lebih luas dan akan membantu kolaborasi di masa depan.

Masalah

Dalam pandangan kami, titik kunci yang perlu diatasi agar blockchain dapat menembus arus utama bukanlah lapisan struktur data, lapisan kontrak, atau lapisan aplikasi. Sebaliknya, itu adalah lapisan konsensus yaitu Layer 0. Alasan untuk ini sangat sederhana. Semua struktur data, kontrak, dan aplikasi blockchain berbeda dari model terpusat tradisional adalah bahwa mereka melewati konsensus jaringan terdistribusi yang tidak memerlukan izin.

Tanpa konsensus, semua tindakan berbasis blockchain (seperti transaksi) akan menjadi tidak berdasar, seperti halnya kontrak dan aplikasi berbasis blockchain. Sederhananya, jika Layer 1 adalah basis dari blockchain yang menjamin keamanan dan desentralisasi, dan Layer 2 terutama tentang skalabilitas dan kinerja, maka Layer 0 adalah konsensus. Tanpa Layer 0 yang kuat, Layers 1 dan 2 tidak akan berguna.

Ketika jaringan Bitcoin pertama kali diluncurkan, itu adalah karya kreativitas yang luar biasa yang tidak hanya mencakup konsensus Nakamoto yang inovatif dan canggih, tetapi juga menunjukkan untuk pertama kalinya potensi jaringan berskala besar, terbuka, dan didistribusikan tanpa izin. Namun, kami percaya bahwa jaringan bitcoin tertahan oleh sejumlah kekurangan yang jelas. Yang paling kritis dari kekurangan ini tidak dapat dipisahkan dari mekanisme konsensusnya, yaitu, limbah energinya yang tidak berkelanjutan, ketidakadilannya, dan penambangannya yang semakin terpusat. Orang-orang sering berbicara tentang kurangnya skalabilitas atau masalah dengan lapisan kontrak, tetapi kami tidak berpikir ini adalah masalah kritis. Ini karena kekurangan yang disebut ini memiliki solusi atau penyelesaian yang mapan atau terlihat menjanjikan. Hal yang benar-benar membatasi skala jaringan Bitcoin adalah konsensus Proof-of-Work (terlepas dari semua keberhasilannya, jaringan Bitcoin sebenarnya tidak terlalu besar. Hanya memiliki sekitar 10.000 klien node penuh, jumlah penambang aktif adalah dalam puluhan ribu, dan hanya ada beberapa juta pengguna. Dari segi skala, ini kecil dibandingkan dengan layanan internet tradisional).

Dari titik awal mencoba menyelesaikan masalah-masalah yang melekat dalam PoW, kami menciptakan dan mengimplementasikan algoritma konsensus Proof-of-Capacity, dan kemudian menggunakannya sebagai dasar untuk mesin konsensus MASS Layer 0 ideal kami. Apa sebenarnya yang membuat mekanisme konsensus Layer 0 yang baik? Kami mengembangkan kerangka kerja karakteristik ideal dan menggunakan ini sebagai dasar pengembangan kami. Kami percaya bahwa mesin konsensus Layer 0 yang baik harus memiliki kualitas berikut:

tanpa izin

adil

hemat energi

universal

aman

Keuntungan

Sistem blockchain MASS memiliki fitur berikut:

● Aman:

Dengan menggunakan prinsip time-memory trade-offs, protokol PoC memastikan ketidakjujuran bukti, dan bersama-sama dengan penggunaan fungsi acak yang dapat diverifikasi memastikan bahwa sistem MASS memiliki toleransi kesalahan Byzantine 51%. Lebih jauh, skema hukuman deteksi garpu melindungi rantai utama dari serangan Nothing-at-Stake yang dapat memisahkan rantai utama.

● Wajar:

Protokol konsensus MASS PoC menjamin bahwa probabilitas pembuatan blok suatu node hanya bergantung pada bukti kapasitas efektif yang disediakan oleh node. Selain itu, bukti kapasitas efektif adalah media penyimpanan independen, sehingga semua node yang berpartisipasi dalam jaringan MASS memiliki biaya marjinal yang sama.

● Hemat energi:

Dalam protokol MASS PoC, sumber daya komputasi hanya diperlukan saat menginisialisasi kapasitas penyimpanan, dan ketika memasuki blok konsensus, data kapasitas penyimpanan fase hanya diakses pada kompleksitas O (1) pada suatu waktu. Oleh karena itu, menggunakan protokol MASS PoC untuk konsensus blok tidak memerlukan konsumsi input daya terus menerus. Ketika sistem MASS melakukan konsensus blok, sumber daya komputasi yang digunakan dapat diabaikan; cukup kecil untuk tidak mempengaruhi penggunaan normal komputer. Ketika kapasitas penyimpanan tidak berpartisipasi dalam jaringan MASS, itu dapat diformat ulang dan digunakan untuk keperluan penggunaan lainnya.

● Universal:

Selama proses konsensus, node hanya perlu melakukan kueri akses pada kapasitas yang diinisialisasi dan tidak melakukan operasi data apa pun di dalamnya. Oleh karena itu, ruang penyimpanan yang sama dapat menyediakan kapasitas

Spesifikasi

Algoritma PoC: konsensus MASS

Pasokan maksimum: 206.438.400

Blokir hadiah: Membelah dua

Blok waktu: 45 detik (3s / Slot)

Kesulitan: Retarget di setiap blok

Linimasa

stagecontenttime
Penelitian Algoritma inti PoC diusulkan, dan setelah penelitian, diverifikasi September 2015 - Juni 2017

Perjanjian konsensus MASS PoC diusulkan, dan setelah penelitian, diverifikasi Juni 2017 - April 2018

Pengembangan & TestnetsRekrut tenaga ahli untuk komunitas untuk mengembangkan prototipe blockchain PoCMei 2018 - Maret 2019

MASS Testnet 1: verifikasi sistemMaret 2019

MASS Testnet 2: uji keamanan sistemApril 2019

MASS Testnet 3: uji stabilitas sistem Mei 2019

MASS Testnet 4: uji reliabilitas sistem Juni 2019

MASS NetMASS Net: rilis klien node lengkapSeptember 2019

MASS EngineMASS Engine: pengemasan dan penerbitan untuk mesin konsensusNovember 2019

Layer 2Dpengembangan dan rilis plugin ekstensi MASS NetFebruari 2020

Cross-chainPengembangan dan rilis protokol Cross-chain MASSJune 2020

Kesimpulan

Mesin konsensus MASS bertujuan untuk menjadi infrastruktur dasar untuk semua lapisan konsensus blockchain. Berdasarkan protokol konsensus Bukti-Kapasitas, mesin konsensus MASS menciptakan lapisan konsensus yang tanpa izin, adil, hemat energi, aman, dan universal, memastikan keamanan mendasar dari rantai publik. Mesin konsensus MASS bersifat universal dan mampu memberikan layanan konsensus di sejumlah rantai publik. Node menggunakan kapasitas penyimpanan untuk menjalankan protokol konsensus dan tidak memerlukan izin. Mesin konsensus MASS bersifat adil dan hemat energi; hanya sejumlah kecil sumber daya komputasi yang diperlukan, yang berarti setiap orang memiliki kesempatan untuk berpartisipasi. Sistem blockchain MASS adalah rantai publik pertama yang menggunakan mesin konsensus MASS. MASS adalah penyimpan nilai dalam sistem blockchain MASS, dan juga merupakan jangkar nilai untuk mesin konsensus MASS.

Media sosial:







Situs web MASS: https://massnet.org/en/

PENULIS

Bitcointalk Username: Dragonbal58

Nama Pengguna Telegram: @ Dragonbal58


Alamat dompet (eth): 0xfc8C7417f2D808077cbBBF7B4f62A104b7603B57

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HETACHAIN

Цепная цепочка Hetachain-network-based

HETACHAIN NETWORK - Future Blockchain Network